Tak ada Mixer, Blender pun …


Ada temen kantor yang ketawa cekikikan mulu pas saya certiain ini. Emangnya terlalu nyeleneh apa, metode yang saya pakai?.

Jadi ceritanya ibu yang satu ini (saya maksudnya) beberapa kali pernah menyalurkan rasa “pengen bisa baking”.

Punya bekal dikit, dulu pas masih SMU suka bantuin ibu nge-baking. Kebagian ngukur tepung, masukin gula ke mixer dan yang paling sering nyiciipin. Sedikit tau kalo gula dan tepung musti dikocok dulu sampai mengembang, baru dimasukin tuh mentega leleh terus tepungnya.

Nah berhubung saya suka kue, kadang-kadang kepengen gitu bikin kue sendiri. Jangan cuma bisanya beli (lama-lama tekor). Tapi apa daya belum punya mixer apalagi oven. Yang dibikin sejauh ini ya, yg berhubungan sama kukus mengkukus. Nah soal adonan, saya suka ngakalin ngocok adonan pake blender. Dan bagaimana hasilnya? lebih banyak gagaaall alias buantet. Hihihihi. Ini yang bikin temen kantor ngakak, masa bikin adonan kue pake blender.

Tapi Alhamdulillah tetep enak (terigu kasih gula sama telur doank juga enak). Ya standar enak maksudnya kalo bikin kue dan bantet tetep ada yg mau makan.

Niy contoh kue bantetnya

Jadi penasaran, apa emang blender gak bisa menggantikan fungsi mixer ya? atau emang saya aja yg ga bakat bikin kue?

Ada yang pernah nyoba nge-baking pake blender?

32 responses to “Tak ada Mixer, Blender pun …”

  1. masih mending lah, saya sama sekali gak bisa bikin kue.

  2. hihi…kue bantet juga enak kok… malah ada beberapa orang yang lebih suka kue bantet daripada kue yang mengembang….mungkin klo pake mixer ada aturan ngocoknya mba, ada timing-nya, klo blender kan, langsung semua dikocok, byur jadi satu.. tapi kreatif euy..^_^

  3. hehe.. mendingan dikocok tangan mbaa.. gapapa lah pegel2 dikit, hwhw

  4. kalau di rumah gak ada tepung gula, aku suka bikin tepung gula dari gula pasir pakai blender yg kecil (yg buat giling kacang2an) Lagipula lumayan harga gula pasir lebih murah dari tepung gula πŸ˜€

  5. Yg gagal ini biasanya ‘enak’..hehe. Kayak kerupuk puret

  6. Yg gagal ini biasanya ‘enak’..hehe. Kayak kerupuk puret

  7. mbak… saya malah suka kue bantet… beneran… hehehe, jadi bisa dikirim ke rumah saya yaa…

  8. beda kocokan kalu blender di bawah, mixer diatas.. jadi telurnya tak mengembang sempurna.. sebener bisa untuk bronies deh.. kalu ga ada mixer, kocok aja manual dengan sendok kocokan yang melingkar itu, cuma agak lama.. bisa kog.. yang kukuskukus, mo bikin kue mending bikin puding roti.. ngembang semua.. juga kue kukus..

  9. selama ini kalo ada resep yg pake mixer, biasanya diskip. kalo lagi rajin ya pake kocokan manual itu. lumayan ngelatih otot πŸ˜€

  10. hihihih belum pernah mba indah bikin kue pake blenderdulu awal pertama nyoba bikin kue blm punya mixer dan oven yg di coba pertama adalah brownis kukus yg cuma aduk2 plus kukus doang beli mixer dan oven coba2 bikin semua jenis kue, ampe kue buat lebaran mba…ayoo mbaa tetep semangat coba resep2 barunyaa…happy baking mba indah

  11. hehe…ngakak aku jadinya…gpp mba yg penting kan hasilnya bukan caranya

  12. belom pernah nyoba mba,hehe aya2 wae si mba’ke ini

  13. Lihat postingan mbak, aku jadi inget sama mixerku yg baru dipake sekali dan lebih lama nongkrong diatas lemari dapur :).. Belinya juga niatnya ngebantu org yg butuh duit.. Ajarin dong, mbak..

  14. jd pengen jg bikin kue…Dulu sblm nikah..sy jg sk bantu ibu buat kue, palagi mau lebaran. Eh..skrg mah malah males masak. Insylh nti kl dah pny dd mau rajin masak ah..ky mba indah πŸ˜€

  15. abonenak said: masih mending lah, saya sama sekali gak bisa bikin kue.

    ayo mbak belajar bareng

  16. iahsunshine28 said: mungkin klo pake mixer ada aturan ngocoknya mba, ada timing-nya, klo blender kan, langsung semua dikocok, byur jadi satu

    nah di blender kan ada juga tuh aturan speed-nya dari pelan sampai cepat, trus aku masukinya juga satu-satu. Gula sama telur duluan pake speed cepet sampai memutih trus baru dimasukin tepung baru pake speed rendah, tapi ternyata seringan bantetnya.Apa karna aku bikin kue ga pake ukuran ya

  17. berry89 said: hehe.. mendingan dikocok tangan mbaa.. gapapa lah pegel2 dikit, hwhw

    kocok tangan yg manual itu ya? aku maleees hehe

  18. trully said: kalau di rumah gak ada tepung gula, aku suka bikin tepung gula dari gula pasir pakai blender yg kecil (yg buat giling kacang2an)Lagipula lumayan harga gula pasir lebih murah dari tepung gula πŸ˜€

    blum pernah nyoba yg ini :d

  19. mylathief said: Kayak kerupuk puret

    kerupuk puret, kaya apa ya?

  20. birumuda said: mbak… saya malah suka kue bantet… beneran… hehehe, jadi bisa dikirim ke rumah saya yaa…

    Alhamdulillah ada juga yg suka kue bantet hihihi

  21. tintin1868 said: beda kocokan kalu blender di bawah, mixer diatas.. jadi telurnya tak mengembang sempurna..sebener bisa untuk bronies deh.. kalu ga ada mixer, kocok aja manual dengan sendok kocokan yang melingkar itu, cuma agak lama.. bisa kog.. yang kukuskukus, mo bikin kue mending bikin puding roti.. ngembang semua.. juga kue kukus..

    ooo iya mungkin ya, karena kocokanya di bawah jadi ga ngembang.Belum kesampean nyoba brownies, lagi nyari resep brownies minimalis

  22. ianaja said: selama ini kalo ada resep yg pake mixer, biasanya diskip. kalo lagi rajin ya pake kocokan manual itu. lumayan ngelatih otot πŸ˜€

    sama.. suka di skip juga klo resep pake mixer, tapi sesekali penasaran gitu pengen nyoba

  23. rumahaku97 said: beli mixer dan oven coba2 bikin semua jenis kue, ampe kue buat lebaran mba…ayoo mbaa tetep semangat coba resep2 barunyaa…happy baking mba indah

    pengeeen… lagi nyari arisan mixer ada gak yah hehe.Klo oven bingung mau ditaruh dimana klo lagi gak dipake, dapurnya minimalis πŸ™‚

  24. dinoflove said: hehe…ngakak aku jadinya…gpp mba yg penting kan hasilnya bukan caranya

    silahkan ngakak mba hehe πŸ˜€

  25. filzhaizati said: belom pernah nyoba mba,hehe aya2 wae si mba’ke ini

    ayo dicoba mba.. siapa tau mba malah berhasil bikin kue pake blender πŸ™‚

  26. ukhtikiki said: Lihat postingan mbak, aku jadi inget sama mixerku yg baru dipake sekali dan lebih lama nongkrong diatas lemari dapur :).. Belinya juga niatnya ngebantu org yg butuh duit.. Ajarin dong, mbak..

    daripada gak kepake buatku aja mba *ngareeepKlo minta diajarin salah orang kayaknya, nanti yg kuajarin kue bantet doank hihii

  27. dwinurul said: jd pengen jg bikin kue…Dulu sblm nikah..sy jg sk bantu ibu buat kue, palagi mau lebaran. Eh..skrg mah malah males masak. Insylh nti kl dah pny dd mau rajin masak ah..ky mba indah πŸ˜€

    ayo yuuuk belajar masak sama bikin kue, kalo aku mah belum tergolong rajin πŸ˜€

  28. wah baru saya mau coba bikin yang serba kukus dengan mengaduk pake blender.. eh ga tahunya ga bisa ya?

    hehhehe

    ga jadi deh
    harus beli mixer dulu kalu gitu

  29. AKU bisa mbk.. alqamdulillah,, mengembang sempurna…. caranya telur,gula,mentega,vanili.ovalet,… di blender sampai ngembang warna putih n gulanya halus.. sekitar 10 menit … nanti tepungnya di campur di wadah aja… sedikit demi sedikit pakai spatula,,,, baru di kukus… ak berhasil lhooo hehehe

  30. Kog persis bgt sm saya yh mbk…hahahaaa suka ngrobah2. Dsesuaikan keadaan. Mixer saya ganti blender, cream of tartar saya gnti jeruk nipis. Gula halus,gulapasir sya blender… dll… hahaha ngakak so hard!.

  31. Aturan dioven saya kukus, tepung merk kunci biru saya pke tepung biasa diwarung, Hahaha… untung gk ada UU pembuatan kue klo ada mah dipidana kita mbak… hahahaaa gk nyangka ada kembaran saya…

  32. saya sama kya mbanya sempat kepikiran juga saya mau pake blender.tapi setelah melihat ini tidak jadi

Leave a comment