Masih meres, Ndah?

Sampai dengan hari ini pertanyaan diatas masih sering dilontarkan ke saya? Terutama dari temen kantor beda lantai, yang memang tau saya ini ibu Perah.

Alhamdulillah sampai hari ini saya masih meres ASI, meski hasilnya tidak seberapa. Meski kadang ada satu hari yang terpaksa saya lewatkan tanpa pumping di kantor (sok sibuk).

Awal-awal masuk selepas cuti melahirkan dulu, jadwal memerah saya adalah 3kali. Waktu dhuha(jam 9an), selepas makan siang(jam 13an) dan waktu ashar (jam 15an), biar ga lupa Saya sampe pasang alarm di HP. Meres sekitar 10-15menitan. pendapatan ASIP berkisar 120mlx3 = 360 atau kadang mencapai 400ml perhari. Jam ngantor saya dari jam 07.30 – 15.30.

Menginjak usia 5bulan kebutuhan ASIP Gaza melonjak, dan saya putar otak buat ngejar setoran. Karena ASI base on demand, maka bukan lama meres yang saya perpanjang tapi jadwalnya yang saya tambah. Dari yang biasanya sehari 3 kali dirubah jadi 4 kali. Jam 8.30 Jam 10.30, Jam 13.30 dan Jam 15.00. hehe.. ini ngantor apa meres. Masalah tempat terus terang nomaden, kadang di gudang, kadang ditoilet pernah juga ditawarin di ruangan bos tapi baru masuk ruanganya saya dah risih duluan, ga konsen meres, berasa ada orang aja disana. hehe

Peralatan perang waktu itu adalah coolerbag, blue ice dan botol susu. Pumpingnya by hand, praktis dan ekonomis. Ya saya emang jadi kayak tukang es, karena berangkat dan balik dari kantor bawa-bawa coolerbox 5L(maklum di kantor ga ada kulkas). Tapi saya semangat sekali tiap hari menentengnya.

Ini tentengan saya waktu itu

Selepas Gaza lulus S1, saya juga masih meres. Entah bulan keberapa jadwal memeras saya balik lagi ke jadwal semula 3 kali sehari. Saya mulai kepikiran meninggalkan coolerbox di kantor, karena waktu itu ada temen yg baru masuk cuti lahiran juga. Jadi ditinggalah itu coolerbox 5L di kantor, buat nyimpen ASI berjamaah. Sementara untuk mbawa ASI dari kantor ke rumah saya ganti pakai coolerbag yg kecilan. Hmm kenapa ga kepikiran ini dari dulu ya.
Penampakan coolerbagnya.

Alhamdulillah Gaza lulus S2, meski kadang ngemil uht tapi bukan berarti gaza stop ASI. Saya tetep rutin memeras di kantor. Sampai ada yg julukin “Indah Per” (Indah Peras) sainganya Jeniper. Tapi cueek ajah. ASI MUST GO ON. Ternyata euy, di usia 1tahunya kebutuhan ASI Gaza lama-lama menurun. Seiring dengan menurunya produksi ASI saya. Waktu itu maksain 3 kali meres, tapi dapetnya dikit. Akhirnya saya ganti jadwal meres kalo sudah berasa penuh saja. Jadilah jadwal memeras saya hanya 2 kali sehari. Jam 11.00 dan Jam 14.30an.

Masuk usia Gaza 16 bulan, produksi mulai turun lagi, sampai akhirnya entah tepatnya kapan saya merubah jadwal lagi memeras hanya sekali sehari. Karena Cuma sekali sehari, saya memilih waktu yang mendekati jam pulang. Pikir saya, kalo dah mendekati jam pulang berarti isi(PD)nya dah lebih penuh. Jadilah saya hanya pumping sekitar jam 15.00. Perolehanya sekitar 60-120 ml. Oya karena pumpingnya Cuma sekali dan waktunya mendekati jam pulang jadi saya pensiunkan coolerbag &coolerbox saya. Ke kantor Cuma berbekal botol susu saja, selesai memeras ya saya selipkan botolnya di tas gemblok. Toh ketahanan ASI di suhu kamar bisa mencapai 6-8jam. Sementara perjalanan dari kantor ke rumah kurang lebih Cuma 45menit. Di rumah juga sudah tidak ada stok, jadi memeras hari ini untuk dikonsumsi besok.

Hasil perahan akhir-akhir ini.

Sesedikit apapun saya tetap coba mensyukurinya. Apalagi kalo membayangkan wajah si Gaza, yang selalu antusias menyambut kepulangan saya. Semangat membongkar-bongkar tas “menagih oleh-oleh”, susu Ummi, susu Ummi … celotehnya.

Do’akan ya kakak, semoga Ummi bisa memenuhi hakmu sampai 2,5 bulan kedepan, membawakan oleh-oleh paling berharga untukmu. Insya Allah dedek yang baru 5 pekan diperut Ummi juga akan ikut bantu Ummi.

Selagi Ummi sehat dan tak ada masalah dengan kandungan ini, Ummi akan terus memberimu ASI. Insya Allah Ummi yakin hamil sambil menyusui itu tetap aman. Amiiin

So Happy Breastfeeding !!!

Sedikit Link tentang hamil dan menyusui
http://www.llli.org/FAQ/bfpregnant.html
http://www.eramuslim.com/konsultasi/sehat/tetap-menyusui-saat-hamil.htm
http://www.drdidispog.com/2010/02/menyusui-saat-hamil.html
http://www.hypno-birthing.web.id/?p=74

27 responses to “Masih meres, Ndah?”

  1. very inspiring mommy……trims share nya Ummu gaza 🙂

  2. niqenpratiwie said: very inspiring mommy……trims share nya Ummu gaza 🙂

    nasib mak-mak kuli kaya aku bund hehe.dikejar setoran sana sini 🙂

  3. Hebatt mba, pasti senang deh Gaza punya Ummi yg tangguh. Aku saja baru masuk bulan kedelapan, dan hari ini lumayan stress karena perolehan ASIP koq menurun 😦

  4. mylathief said: wah..salut!

    demi anak harus semangat

  5. masari98 said: hari ini lumayan stress karena perolehan ASIP koq menurun 😦

    jangan stress mbak, harus yakin. Insya Allah cukup untuk dedek 🙂

  6. simplyndah said: jangan stress mbak, harus yakin. Insya Allah cukup untuk dedek 🙂

    Amiiin…. Makasih mba dorongan semangatnya ^^

  7. simplyndah said: nasib mak-mak kuli kaya aku bund hehe.dikejar setoran sana sini 🙂

    podo wae sami mawon sama aku makkkkkkkkkkkkkk :))

  8. waahhh… ternyata bisa yaa kalau mau diusahakan…bekerja jalan dan ASInya juga tetep jalan 😀

  9. tetap semangat. makasih sharingnya. ceritamu selalu berharga utk diambil pelajaran buat para busui. 🙂

  10. Subhanallah…sy berhenti meres ketika hamzah usia 17 bulan, krn di usia itu ga tau kenapa, tiba2 hamzah dah ga mau ngedot dan ga mau minum asip. Yo wis, akhirnya tiap jam 5 teng langsung cabut, krn gudang asinya dah penuh bgt, sampe rumah langsung disedot sepuas2nya oleh hamzah, sampe2 hingga skrg (26,5 bln) blm mau disapih jg, hehe…

  11. gaza hebat msh mau minum ASIP…Al sejak umur setahun gak mau minum ASIP pake apapun mau gelas, botol, sendok apapun..baru liat ASIP di freezer dikeluarin aja dia nangis mba…makanya sy stop meres dr Al umur setahun jd Al minum ASI nya klo ada sy dirumah aja selebihnya dia minum air putih saja…happy breastfeeding juga

  12. andal15 said: Nice share Ummi…

    tq mbak

  13. istiaq said: Tetep semangat…!!!

    ya.. harus semangaat

  14. restofmylife said: waahhh… ternyata bisa yaa kalau mau diusahakan…bekerja jalan dan ASInya juga tetep jalan 😀

    ya pasti bisa, modal utamanya cuma yakin 🙂

  15. ianaja said: tetap semangat. makasih sharingnya. ceritamu selalu berharga utk diambil pelajaran buat para busui. 🙂

    makasih juga ka ian.kalo sharing gini itu jadi suntikan semangat juga buat diri sendiri

  16. peduli said: Subhanallah…sy berhenti meres ketika hamzah usia 17 bulan, krn di usia itu ga tau kenapa, tiba2 hamzah dah ga mau ngedot dan ga mau minum asip. Yo wis, akhirnya tiap jam 5 teng langsung cabut, krn gudang asinya dah penuh bgt, sampe rumah langsung disedot sepuas2nya oleh hamzah, sampe2 hingga skrg (26,5 bln) blm mau disapih jg, hehe…

    ini karna kemauan hamzah sendiri ya kak. yg penting hamzah tetep lulus s3 kan, malah masih minta bonus ya sampai usia 26,5 hehe

  17. dinoflove said: gaza hebat msh mau minum ASIP…Al sejak umur setahun gak mau minum ASIP pake apapun mau gelas, botol, sendok apapun..baru liat ASIP di freezer dikeluarin aja dia nangis mba…makanya sy stop meres dr Al umur setahun jd Al minum ASI nya klo ada sy dirumah aja selebihnya dia minum air putih saja…happy breastfeeding juga

    ini sama ya kasusnya sama mas hamzahnya mbak kosi, kalo Gaza malah nagih oleh2 ASIP.gpp ya mba yg penting ASI tetep sampai S3.

  18. srisariningdiyah said: wowww ummi hebaaaatttt

    nanti mba juga bisa lebih hebat 🙂

  19. uhhhh pingin kayak ummi Gaza….

  20. srisariningdiyah said: uhhhh pingin kayak ummi Gaza….

    the time will come 🙂

  21. wooww… subhanallah…. semangatnya hebat sekali ndah. saluuttt…!!! smoga bisa menirunya kelak. amiinnn!

  22. ti2n said: wooww… subhanallah…. semangatnya hebat sekali ndah. saluuttt…!!!smoga bisa menirunya kelak. amiinnn!

    amiiin

  23. hehe…jadi ingat adek iparku, tiap hari bawa cooler bag pulang pergi kantor…. Senang liat keponakanku sehat, badannya juga lebih kenceng (walaupun sampai umur 5 bulan ini cuma minum ASI) dibanding bayi-bayi lain yang udah diberi campuran susu formula dan bubur.. semangat!!

Leave a comment